Thursday, July 24, 2008

SOAL JAWAB AKUPUNTUR

1. Bagaimana cara kerja Akupunktur?

Akupunktur memperlancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh manusia, sehingga dapat meningkatkan energi yang mempengaruhi keseimbangan tubuh melalui titik-titik tertentu.


2. Apa yang dapat dilakukan oleh akupunktur?

Kebanyakan orang mencuba Akupunktur dan Traditional Chinese Medicine (TCM) sebagai jalan terakhir setelah beberapa metode pengubatan lain tidak dapat mengatasi kesakitannya. Di waktu ini Akupunktur dan TCM telah dapat mengatasi berbagai rintihan penyakit dan kecantikan dan telah dipertimbangkan sebagai salah satu metode pengubatan masyarakat. Akupunktur dapat pula menjadi saranan pencegahan penyakit, meningkatkan antibodi dan stamina tubuh.


3. Rintihan penyakit mahupun kecantikan apa sahaja yang umumnya dapat ditangani dengan akupunktur?

Sinusitis, radang tenggorokan, demam, telinga berdesing, pusing, tekanan darah tinggi/rendah, kesulitan buang air besar, diare, alergi, sakit perut, buasir, diabetes mellitus, insomnia/sulit tidur, migrain, sakit urat, kolesterol, trigliserid, stress, lumpuh, sakit belakang, asma/sesak nafas, batuk, influenza, trigeminal neuralgia, disfungsi seksual lelaki dan wanita, ketidakseimbangan hormon, menopause, sakit semasa haid, haid tidak teratur, mandul, jerawat, rambut gugur, keriput, mata letih, kulit hitam, kulit kendur, selulit, obesiti, tubuh tidak proporsional, dll.

4. Berapa kali terapi akupunktur diperlukan?

Tergantung dari keadaan usia dan lamanya rintihan yang diderita pasien.

5. Bila hasil terapi mulai nampak atau dirasakan pasien?

Umumnya setelah terapi pertama sampai dengan keempat, insyaAllah

6. Berapa kerap terapi yang harus dijalani ke atas pasien?

Tergantung dari apa yang dirawati dan saranan akupunkturisnya. Pada umumnya 1 x seminggu atau 2 x seminggu pada tahap awal untuk mencapai hasil optima.

7. Berapa lamanya waktu terapi per kali kunjungan?

Lama terapi umumnya 20 – 30 minit. Jarum yang digunakan adalah jarum sekali pakai buang / disposable needles.

8. Apakah ada kesan sampingan / risiko dari terapi akupunktur?

Tidak ada kesan sampingan. Pada umumnya akupunktur adalah pengubatan yang selamat, kerana bersifat merangsang dan meningkatkan fungsi-fungsi organ tubuh manusia itu sendiri.

9. Apakah ada rasa sakit pada pasien pada sewaktu terapi?

Pasien merasakan sensasi seperti digigit semut hanya pada saat jarum ditusuk, selanjutnya pasien akan merasa rileks. Pasien hendaknya bersikap tenang dan serileks mungkin, agar tidak tegang.

10. Bagaimana tingkat keberhasilan dari terapi akupunktur?

Pada umumnya tingkat keberhasilan dari terapi ini sangat tinggi, tentunya semakin kurang rintihan pasien datang, akan semakin cepat pula baik. Disamping itu diperlukan pula disiplin dan ketekunan pasien untuk mentaati saranan-saranan yang diberikan.

PROF. DR. HJ. SHAHRIN ABD. RAHMAN

No comments: